Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Senin, 21 Januari 2019

Belajar Efektif....Bagaimana Strateginya???

Ditulis oleh: Winarto, S.Pd. M.Pd.
Belajar dan pembelajaran adalah sesuatu yang sangat penting untuk dipahami, khususnya bagi peserta didik. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri seseorang karena interaksi dengan lingkungannya. Sedangkan pembelajaran merupakan proses interaksi antara manusia dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah lebih baik. Intinya dalam pembelajaran terjadi proses belajar. Agar pembelajaran dapat berjalan efektif maka perlu mencipatikan situasi dan kondisi yang nyaman dan menyenangkan
Belajar terjadi apabila terdapat stimulus yang efektif dari sumber belajar dan respon yang kuat dari diri peserta pembelajar. Respon atau interaksi yang kuat akan dipengaruhi oleh pengalaman dan latihan. Siswa sebagai salah satu unsur peserta pembelajar harus mampu mengetahui dan memahami bagaimana strategi belajar yang efektif. Strategi belajar yang efektif akan membawa dampak positif bagi peserta didik, yakni akan memperoleh prestasi yang memuaskan sehingga akan mempermudah mencapai apa yang akan diinginkan.
Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, pendidikan dan pembelajaran menjadi kunci keberhasilan seseorang dalam memenangkan persaiangan. Kita harus mampu memanfaatkan setiap moment yang kita miliki, untuk memanfaatkan belajar sebagai sesuatu yang bermakna bagi kehidupan kita. Sebaliknya apabila kita gagal dalam proses pembelajaran, maka kita akan tergilas oleh perkembangan  jaman. Lalu…bagaimana strategi kita untuk mencapai hal tersebut??? Ikuti beberapa tips berikut untuk meningkatkan efektifitas dalam belajar!!
#1. Belajar Mencintai Mata Pelajaran
Tidak suka atau bosan dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari merupakan faktor utama penyebab kegagalan dalam belajar. Tidak sedikit peserta didik yang sering mengalami kondisi seperti hal ini. Tentunya banyak faktor yang menjadi penyebabnya.  Tidak suka terhadap mata pelajaran tertentu akan menyebabkan seseorang  menjadi jenuh, bosan, kurang bersemangat, yang pada akhirnya menjadi malas untuk mempelajarinya. Kondisi ini tentunya akan menjadi petaka besar bagi para peserta didik. Bagaimana solusinya?? Yaa… tidak lain  dengan belajar mencintai mata pelajaran tersebut. Tanamkan dalam diri kita bahwa mata pelajaran tersebut penting bagi kehidupan kita. Belajar menyenangi mata pelajaran, walaupun itu berat. Mulailah dengan NIAT yang kuat, bahwa mata pelajaran tersebut memiliki manfaat yang sangat besar dalam perjalanan hidup kita. Tanamkan semangat dan motivasi yang kuat pada diri kita, karena hanya dengan cara demikian kita menjadi kreatif dalam menumukan solusi!
#2. Focus dan Aktif selama Proses Pembelajaran
Fokus terhadap materi ajar dan aktif dalam proses pembelajaran merupakan syarat mutlak belajar efektif. Dalam kenyataanya sebagian besar peserta didik masih mengalamii problem pada hal tersebut. Kondisi tersebut juga dapat dinamakakan problem pada tingkat kosentrasi belajar. Secara umum problem tersebut disebabkan oleh dua faktor utama yaitu factor internal dan factor eksternal peserta didik. Dari factor internal misalnya suasana hati yang sedang tidak mood, pikiran yang sedang kacau, sehingga menimbulkan rasa malas untuk belajar. Selain hal tersebut juga bisa disebabkan oleh masalah psikologi anak, seperti , rasa malu untuk bertanya, takut ditertawakan teman, dan lain sebaginya. Faktor kesehatan peerta didik juga dapat menjadi penyebab lemahnya kosesntrasi dalam belajar.
Factor ekternal misalnya kondisi lingkungan belajar yang tidak nyaman (faktor pencemaran), ruang belajar yang kurang kondusif (gaduh, ramai, kacau), guru yang kurang kompeten, kondisi teman sejawat yang tidak mendukung, keterbatasan sumber belajar dan lain sebaginya. Hal tersebut tersebut di atas tentunya menjadi penyebab utama para peserta didik menjadi kurang focus dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Solusinya kenali problem yang ada dalam diri kita, selanjutnya konsultasikan pada orang tua kita, atau guru kita sehingga dapat ditemukan solusi yang efektif. Akhirnya sebagai  seorang pembelajar kita harus mampu membangun konsentrasi penuh dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan prestasi yang cemerlang.peserta didik yang cerdas bukanlah peserta didik yang terhindar dari problem belajar, namun peserta didik yang cerdas adalah peserta didik yang terhimpit banyak problem namun dirinya mampu mengatasinya dengan baik.
#3. Optimalkan Sumber Belajar di Sekitar Anda.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat kita jadikan sebagai bahan untuk meningkatkan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Sumber belajar menjadi factor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar seseorang. Banyak hal yang dapat kita manfaatkan untuk mencapai prestasi belajar yang gemilang, Lebih-lebih di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini.
Sumber belajar apa sajakah yang dapat kita manfaat dalam proses pembelajaran?? Banyak hal yang dapat kita jadikan dan kita manfaatkan sebagai sumber belajar. Diantaranya adalah guru, buku ajar, modul ajar, LKS, internet, alam sekitar kita maupun sumber belajar lainnya. Namun sayangnya…sebagaian besar peserta didik belum mampu mengeksplore secara maksimal sumber belajar yang ada. Belum banyak peserta didik yang mampu mengoptimalkan sumber belajar untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu, sebagai generasi pembelajar  para peserta didik harus segera sadar, bangun dari rasa malas yang berkepanjangan, segera meninjau ulang kembali pemanfaatan sumber belajar di sekitar mereka. Dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber belajar yang ada, sudah dapat dipastikan prestasi belajarnya akan meningkat secara signifikan.
#4. Buat Review atau Rangkuman dari Proses Pembelajaran
Salah satu kelemahan proses pembelajaran adalah peserta didik kurang atau malas dalam membuat review atau rangkuman terhadap materi yang telah dipelajarinya. Review merupakan bentuk tertulis pengulangan materi secara mandiri terhadap pokok-pokok persoalan yang dipelajari. Review tersebut sangat penting bagi peserta didik, terutama untuk mengukur seberapa jauh peserta didik mampu menyerap materi yang telah dipelajarinya.
Dari kegiatan ini pula, peserta didik dapat mengidentifikasi dan mengorganisis sendiri, materi apa saja yang mungkin belum dipahami, sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk menemukan strategi lebih lanjut dalam memecahkan masalah penguasaan materi ajar. Review atau rangkuman juga membantu peserta ajar memahami materi secara efektif, melalui proses pengulangan. Jadi membiasakan diri membuat review terhadap materi ajar, merupakan salah satu cara untuk mencapai belajar yang efektif. Sudahkah Anda melakukannya???
#5. Budayakan Banyak Berlatih.
Berlatih soal atau drill merupakan bentuk pengukuran kemampuan diri terhadap penguasaan materi ajar. Banyak berlatih juga dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan prestasi dalam belajar.. oleh karena itu, membiasakan atau membudayakan diri untuk berlatih adalah sesuatu yang harus dan mutlak dilakukan oleh generasi pembelajar.
Betapa tidak…dengan  berlatih soal secara tepat akan memberikan dampak yang positif terhadap penguasaan materi ajar.  Bagaimana caranya? Identifikasi materi ajar secara tepat, cari soal latihan yang sesuai, kerjakan soal dengan tuntas. Soal dapat dikerjakan secara mandiri atau kelompok, yang penting ketercapaian penguasaan materi dapat terlaksana secara efektif.  Latihan dapat dimulai dari persoalan2x yang sederhana sampai dengan persoalan yang kompleks. Dari kegiatan ini kita dilatih untuk menemukan solusi dan memecahkan permasalahan, sehingga akan membentuk otak kita menjadi  terbiasa untuk melakukan problem solving. Banyak melakukan latihan juga akan mempertajam penguasaan materi, sehingga proses belajar kita akan semakin efektif.
Semoga bermanfaat…!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...