Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 26 Juni 2019

Mengenal Metode Pembelajran STEAM

Oleh : Winarto, S.Pd. M.Pd.
STEAM adalah singkatan  dari Science, Techonolgy, Engineering, Arts dan Mathematics. STEAM adalah metode pembelajaran yang menekankan pada pentingnya membangun kerjasama, komunikasi, menekankan penelitian, menggunakan penyelesaian masalah dan kemampuan untuk berpikir kritis. Pengembangan inisatif dan inovatif anak termasuk sisi yang diutamakan dalam metode ini. Untuk mencapai hal tersebut tentunya harus didukung dengan tenaga pendidik yang profesional. Dalam hal ini guru harus mampu menempatkan diri sebagai fasilitator bagi peserta didik. Guru tidak hanya menjalankan peran sebagai alih ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi menjadi agen perubahan (tranform of life or agent of change) dengan menanamkan nlai-nilai dan membangun karakter siswa secara berkelanjutan.
Yang perlu diperhatikan dari metode pembelajaran STEAM bukanlah mengenai pembelajaran yang terpisah-pisah sesuai dengan mata pelajarannya, tapi bagaimana cara mengkolaborasikan atau menerapkan seluruh komponen yang ada dalam pelajaran-pelajaran tersebut di kelas. Dengan kata lain, siswa dituntut untuk mampu menganalisa dan berpikir kritis dalam mengolah data dan menyelesaikan suatu masalah dikehidupan sehari-hari.

Dalam bidang science (sains), siswa dituntut untuk mampu menggunakan pendekatan scientific method dalam menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari.siswa harus mampu dan aktif dalam mengeksplore informasi yang ada. Dibidang technology (teknologi), siswa akan berkolaborasi dalam penggunaan teknologi baik untuk mengolah data maupun menyampaikan informasi yang mereka dapatkan. Bidang engineering (teknik), siswa akan mengkolaborasikan hasil temuannya guna menciptakan suatu produk atau dapat pula mencari solusi-solusi yag tepat. Sedangkan dalam bidang arts (seni), siswa akan mengkreasikan produk/temuan mereka agar dapat diterima oleh masyarakat ataupun bagaimana cara mereka mempromosikan hasil temuan tersebut. Selanjutnya adalah dalam bidang mathematics (matematika), siswa akan mengunakan pendekatan matematika dalam mengolah data yang mereka dapatkan. 
Melalui pembelajaran tersebut, siswa diharapkan dapat terlatih dalam menganalisa permasalahan-permasalahan yang ada dengan mengunakan berbagai pendekatan, baik sains, teknologi, teknik, seni, maupun matematika. Selain itu, siswa akan terlatih pula untuk berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, siswa akan terlatih untuk memberikan pendapatnya baik tulisan maupun lisan
Metode pembelajaran STEAM bukan hanya sekedar metode belajar, tapi juga mengenai cara berpikir dalam menyelesaikan suatu persoalan. Dalam penerapannya, metode ini membangun dan mengembangkan bagaimana anak belajar teori secara efektif dan berpikir bagaimana cara menggunakan teori tersebut. Tentunya pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak, dengan materi ajar yang sederhana ke hal yang sangat kompleks. Maka pada saat anak tumbuh besar dan menghadapi masalah di dunia nyata (misalnya pencemaran lingkungan atau perubahan iklim global), mereka paham bahwa untuk bisa memecahkan masalah. Mereka diharapkan mampu menggunakan berbagai macam pengetahuan dan bekerja sama secara penuh; bukan hanya mengandalkan satu subjek pengetahuan saja, sehingga akan menhasilkan suatu solusi yang efektif.
Dari berbagai kajian dan permasalahan mendasar seperti di atas, maka berikut ini diberikan ulasan tentang dasar-dasar ketrampilan metode pembelajaran STEAM, yaitu:
1. Mendorong anak untuk aktif bertanya
2. Bekerja bersama anak (terlibat dalam aktivitas) 
3. Mengajarkan anak cara berfikir yang kreatif
4. Mendorong anak untuk dapat menyelesaikan masalah secara efektif (problem solving)
5. Mendorong anak untuk dapat mengeksplorasi sesuatu dan berani mengambil resiko.
6. Menguji solusi dari suatu masalah
7. Menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu.

Akhirnya di era perkembangan yang semakin cepat ini, guru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan dengan meningkatkan literasi yang diperlukan, utamanya literasi teknologi. Dengan demikian diharapkan mampu menjadi pemecah kebuntuhan pendidikan di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...