Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Jumat, 01 Maret 2019

Meningkatkan Kosentrasi Belajar

Ditulis oleh: Winarto, S.Pd. M.Pd.
Salah satu faktor untuk meningkatkan prestasi pendidikan adalah dengan meningkatkan kosentrasi dalam belajar. Tidak sedikit anak yang mengalami gangguan dalam konsentrasi belajar. Kesulitan konsentrasi pada anak dapat di indikasikan dengan menurunnya perhatian anak pada materi yang sedang dipelajari. Perhatianya terpecah, sehingga anak sulit untuk fokus dalam memperhatikan suatu hal. Apabila hal tersebut terjadi tentunya akan berpengaruh pada prestasi yang dicapai oleh anak tersebut. Solusi yang efektif adalah dengan meningkatkan kosentrasi dalam belajar. Kuncinya adalah kemampuan memahami pengelolaan  belajar yang efektif.
Banyak cara yang dapat kita tempuh agar kosentrasi belajar kita meningkat. Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan:
1.   Lakukan olah raga ringan secara rutin
Olah raga merupakan sarana yang paling tepat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Melalui olah raga racun-racun atau toksin yang ada dalam tubuh kita akan keluar…ya melalui keringat kita. akibatnya peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar. Salah satu efek yang ditimbulkan adalah peredaran darah ke otak dan pasokan O2 juga akan semakin lancar, sehingga akan membantu kita dalam meningkatkan kosentrasi beajar kita. so…segera rencanakan dan lakukan olah raga ringan, seperti jogging bersepeda lari-lari kecil senam dan sebagainya.
2.   Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman.
Susasana belajar yang nyaman sangat mendukung peningkatan kosentrasi dalam belajar, sehingga apa yang kita pelajari akan menjadi lebih efektif. Seperti apakah lingkungan yang nyaman? Tentunya adalah lingkungan yang bersih, jauh dari polusi baik polusi udara maupun suara. Atur dan tata perangkat yang ada sehingga mendukung untuk peningkatan kosentrasi dalam belajar.
3.   Jaga Nutrisi dan Pola Makan
Tidak dapat dipungkiri, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sangat menentukan daya pikir kita. Bagaimana tidak, semakin bagus nutrisi yang kita konsumsi akan membantu peningkatan kebugaran dan daya tahan tubuh kita, sehingga akan meningkatkan pula daya pikir kita. Satu hal yang perlu diketahui…bahwa nutrisi yang bagus tidak harus mahal, tetapi makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang. Artinya makanan yang mengandung apa yang diperlukan oleh tubuh kita. Sebaiknya kita hindari makanan cepat saji, atau makanan kemasan yang banyak mengandung bahan pengawet. Sudah tentu hal tersebut akan merusak sel-sel dalam otak kita.
4.   Memanage Waktu Belajar secara Tepat
Belajar secara terus menerus tanpa henti atau tanpa jeda tidaklah baik bagi otak kita. Bagaimanapun juga otak kita memiliki keterbatasan dalam berpikir. Sehingga kita harus mampu mengatur waktu belajar secara tepat. Lalu…bagaimana caranya? Susun jadwal atau schedule belajar secara tepat! Berlatihlah untuk disiplin diri. Tidak ada salahnya kita bisa mengambil waktu-waktu utertentu untuk refreshing, seperti pikinik atau rekreasi.
5.   Jaga hubungan baik dengan sesama
Menjaga hubungan komunikasi dan pergaulan dengan sesama sangat penting dan memiliki pengaruh pada konsentrasi dalam belajar. Untuk hal tersebut tentunya dibutuhkan kedewasaan dalam berpikir dan pengendalian emosi yang lebih kuat, sehingga jika terjadi permasalahan dalam komunikasi dan pergaulan dapat diatasi dengan baik

Demikian beberapa tips yang dapat dicoba untuk meningkatkan kosentrasi dalam belajar. Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah selalu membangun motivasi diri untuk berprestasi, sehingga apabun halangan dan rintangan dalam belajar akan mudah untuk diatasi.

Keep your spirit…..!!!
Semoga bermanfaat....!!!

Related Post: 
  1. Strategi Mangajar Efektif
  2. Pembelajaran Berorientasi HOTS 
  3. Pembelajaran HOTS ranah KOGNISI 
  4. Mengembangkan Desain Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...