Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 17 April 2019

Bisnis Dengan Modal Kecil..Why Not??

Di tengah era persaiangan global yang semakin ketat, kita dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dalam menghadapi hidup. Mental untuk menjadi pegawai sudah saatnya untuk kita singkirkan. Kita harus berani mengambil langkah, membuat terobosan baru yang mampu mengubah hidup kita, hidup yang tidak tergantung pada pihak lain alias mandiri. Salah satu yang tepat adalah dengan melakukan wirausaha. Namun masalah yang timbul adalah kurangnya keberanian untuk memulai. Hal tersebut tentunya wajar… karena biasanya kita kurang informasi dan dukungan modal atau dana.
Usaha dengan modal kecil menjadi pilihan utama mereka dikarenakan tidak semua orang dapat memperoleh pinjaman modal dengan jumlah yang besar. Hanya bermodalkan harta yang dimilikinya, seseorang dapat membuka peluang usaha yang sekiranya memiliki pasaran yang bagus.  Setiap  orang  ingin  memiliki  peluang  usaha  dengan  modal  kecil,  dikarenakan  banyaknya keuntungan yang akan diperoleh pemilik usaha tersebut dari peluang usaha ini. Antara lain   tidak memerlukan modal yang besar (biasanya modal yang dibutuhkan kurang dari 5 juta rupiah), dengan adanya  peluang  usaha  ini  seseorang  bisa  memperoleh  penghasilan  untuk  memenuhi  kebutuhan hidupnya  tanpa  harus  berada  dibawah  tekanan  dan  ikatan  seperti  layaknya  seorang  pegawai perusahaan. Selain itu seseorang memiliki hak penuh untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya sesuai dengan gagasan ide yang dia inginkan, namun harus tetap berada dikoridor jalan yang benar untuk meningkatkan usahanya.
Tahukah Anda, jika ternyata banyak peluang bisnis sampingan yang bisa dijalankan dengan modal  kecil?  Agar  Anda  tidak  penasaran,  mari  kita  bahas  bersama-sama  info  bisnis sampingan dengan modal kecil yang cukup berpotensi.
1. Bisnis Jasa
Bisa dibilang bisnis jasa merupakan salah satu bidang bisnis yang tidak membutuhkan modal besar, bahkan beberapa diantaranya bisa dijalankan dengan gratis. Selain itu bisnis jasa juga bersifat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu luang Anda. Beberapa bisnis jasa yang dapat Anda coba antara lain : membuka bisnis les private, menjadi trainer atau pembicara seminar dan pelatihan, menjadi penulis freelance di berbagai media massa, menawarkan jasa penerjemah, menjadi master of ceremony (MC), usaha makelar, reseller produk, jasa pembuatan parsel, atau membuka kelas kursus memasak

2. Bisnis online
Meningkatnya jumlah pengguna internet saat ini, menciptakan banyak peluang bisnis online yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan. Fasilitas internet yang bisa diakses selama  24  jam,  memudahkan  Anda  dalam  membagi  waktu  antara  pekerjaan  utama  dan menjalankan  usaha.  Peluang  bisnis  melalui  internet  juga  terbilang  sangat  murah,  yang dibutuhkan hanya koneksi internet dan Anda bisa menjalankannya melalui blog, website maupun situs jejaring social yang saat ini marak digunakan masyarakat. Contoh bisnis online yang  saat  ini  banyak  dijalankan  antara  lain  bisnis  affiliate,  berjualan  ebook,  toko  online, publisher iklan, designer website, freelance writer untuk media online, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Supplier makanan ringan dan kue
Menjadi supplier makanan ringan dan kue sangatlah mudah, Anda bisa memulainya dengan mencari produsen makanan ringan dan kue yang banyak diminati konsumen. Kemudian untuk  proses  pendistribusian,  Anda  bisa  melakukannya  pagi  sebelum  berangkat  kerja. Misalnya dengan menitipkan produk Anda di warung-warung sekitar rumah, atau di kantin tempat Anda bekerja.   Sedangkan untuk mengambil produk yang tersisa, bisa dilakukan sewaktu pulang kerja. Dengan menjadi supplier makanan ringan dan kue, maka waktu dan tenaga Anda tidak tersita, karena Anda tidak perlu membuat sendiri makanan-makanan tersebut.  Keuntungan  yang  Anda  peroleh  dari  selisih  harga  produsen  ke  konsumenpun cukup lumayan.

4. Bisnis pulsa
Nah,  bisnis  selanjutnya  yang  bisa dicoba adalah bisnis pulsa. Mungkin cara  ini  sudah  banyak  dilakukan para karyawan maupun mahasiswa. Dengan  menjual  pulsa  berjalan (istilah  untuk  penjual  pulsa  yang tidak  memiliki  konter),  Andapun bisa mendapatkan tambahan income yang  cukup  besar.  Disamping  itu bisnis ini juga tidak membutuhkan modal  besar,  hanya  bermodalkan handphone dan deposit pulsa awal sebesar  Rp  50.000,00  sampai  Rp 100.000,00.

5. Bisnis warung kelontong
Bagi Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk, membuka warung kelontong menjadi  pilihan  tepat  yang  bisa  Anda  coba.  Setiap  harinya  masyarakat  membutuhkan keperluan sehari-hari, seperti sabun mandi, shampo, sabun cuci, maupun sembako. Keadaan ini  bisa  Anda  manfaatkan  dengan  membuka  warung  kelontong  di  rumah.  Dengan membukanya  di  sekitar  rumah,  maka  bisnis  ini  bisa  tetap  berjalan  ketika  Anda  bekerja. Libatkan keluarga yang ada di rumah, untuk mengelola bisnis tersebut selama Anda berada di luar rumah.

Sekian  dulu  informasi  peluang  bisnis  sampingan  yang  bisa  Anda  jalankan  dengan modal kecil. Tentu selain yang sudah kita bahas diatas, masih banyak peluang usaha lainnya yang  bisa  Anda  coba.  Walaupun  usaha  Anda  kecil,  namun  jangan  pernah  berhenti mengembangkannya.  Karena  para  pengusaha  yang  telah  suksespun,  selalu  memulai kesuksesannya dari hal-hal yang terkecil. Salam sukses
Sumber:majalah digital bisnis UKM (edisi Okt-Nov 2014)

Related Post:
  1. Keahlian dasar di Era Milenial
  2. Menyiapkan Pribadi Sukses
  3. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  4. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  5. Mental Karakter Entreprenuer
  6. Mengoptimalkan Medsol dalam bisnis
  7. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  8. Strategi Bisnis di Era Disruption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...