Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Selasa, 15 Januari 2019

Menumbuhkan Motivasi Diri

Oleh: Winarto, S.Pd. M.Pd.
Orang yang tidak mampu memotivasi diri harus puas dengan kondisi mereka yang biasa-biasa saja. Tidak peduli seberapa mengesankan bakat mereka yang lain. (Andrew Carnegie)
Keberhasilan atau kesuksesan hidup merupakan suatu hal dicita-citakan oleh setiap orang. Satu hal yang sangat penting yang diperlukan untuk mencapai cita-cita tersebut, yakni motivasi diri. Intinya Motivasi diri dapat menumbuhkan semangat atau gairah dalam mencapai tujuan hidup. Motivasi yang kuat di dalam diri, kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan, yaitu mencapai visi hidup kita. Masalah yang timbul adalah, bagaimana menumbuhkan motivasi dalam diri, sehingga kita memiliki gairah atau semangat dalam menjalani kehidupan kita? Berikut terdapat beberapa tips menarik:
#1. Nikmati setiap proses kehidupan
Yakinlah…bahwa tidak ada sesuatu yang kebetulan. Setiap peristiwa yang kita lalui memberikan makna yang luar biasa bagi kita, apabila kita mampu mensikapinya dengan positif. Hal ini memang tidak mudah… hampir sebagian besar orang gagal dalam menghadapi kondisi tersebut. Inti permasalahannya adalah mensukuri apa yang diterima dan menjalani setiap proses secara ikhlas dan sabar. Banyak hikmah yang terjadi di balik peristiwa yang sedang kita alami. So…satisfice your life!!!
#2. Tetapkan Target dan Tujuan  Hidup
Target dan tujuan hidup adalah sasaran yang ingin kita capai selama kita menjalani proses kehidupan ini. Target dan tujuan yang jelas akan memicu dan membangkitkan kita untuk lebih bersemangat dalam menghadapi sesuatu. Bagaimana caranya?? Hadirkan dalam diri kita….bayangan tentang sesuatu yang akan kita raih. Target dan tuuan hidup juga akan mendorong kita lebih bersemangat dalam bekerja, dalam belajar dan bahkan tidak mudah putus asa dalam menghadapi setiap rintangan yang terjadi. Sudahkah kita menetapkan target hidup kita???
#3. Biasakan Bergaul dengan Teman yang Produktif.
Teman atau rekan kerja memiliki pengaruh yang besar dalam menunjang keberhasilan hidup kita. bagaimana tidak, melalui teman kita bisa gagal dalam kehidupan atau sebaliknya berhasil dalam menggapai kesuksesan. Karena begitu pentingnya teman atau rekan kerja, maka kita harus mampu memilih dan memilah teman atau rekan kerja yang mampu meningkatkan kesusksesan hidup kita. intinya…carilah teman yang produktif…yakni teman yang mampu mendorong dalam mencapai kesuksesan…teman yang mampu memberikan solusi positif terhadap permasalahan yang sedang kita hadapi.
#4. Jangan Lari dari masalah
Sukses bukanlah akhir, dan kegagalan bukanlah fatal. Keberanian untuk melanjutkan adalah hal  yang terpenting. (Winston Churchill)
Masalah atau problem kehidupan adalah suatu hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah kita lari dari kenyataan hidup, tidak mampu bahkan menyerah terhadap permasalahan yang sedang kita hadapi. Padahal…tidak ada suatu permasalahan hidup yang tidak sanggup kita pikul. Kita mestinya yakin…bahwa Tuhan memberikan kesulitan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Memang hal ini tidaklah mudah…namun bukan berati tidak bisa. Kita harus berlatih menghadapi dan mencari solusi terhadap permasalahan yang sedang kita hadapi. Kita harus menjadi pribadi yang kuat…pribadi yang tahan banting….!!! Yakinlah…setiap manusia pasti memiliki permasalahan hidup…so…kita tidaklah sendirian. Yang membedakan adalah cara kita dalam menghadapi permasalahan. Jadilah pribadi yang cerdas dalam menghadapi masalah.
#5. Membangun Mimpi..!!!!
Only as high as I reach can I grow,
as far as I seek can I go,
only as deep as I look can I see,
as much as I dream can I be.
– Karen Ravn
Mimpi adalah ssesuatu atau keinginan yang akan kita capai di masa mendatang. Pepatah bilang gantungkan cita-citamu setinggi langit. Mimpi memang sangat penting, sebagai pendorong atau motivasi hidup kita, namun yang tidak kalah pentingnya adalah action atau tindakan yang harus segera kita lakukan. So…segera bangun mimpimu..dan segera raih apa yang kau impikan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...