Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Sabtu, 02 Mei 2020

Entry Data Pengeluaran Kas dgn MYOB (Bag. 1)

Oleh : Winarto
Para pengunjung web yang luar biasa…pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang entry data pengeluaran kas dengan menggunakan aplikasi MYOB Accounting. Sebelumnya kita harus memahami dahlu tentang pengeluaran kas perusahaan. Kas yang dikeluarkan perusahaan pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis, yakni kas yang dibayarkan untuk transaksi yang berkaitan langsung dengan pembelian barang dagangan seperti pembayaran utang dagang dan pembelian tunai barang dagangan. Yang kedua adalah kas yang dibayarkan untuk transaksi yang tidak ada kaitannya langsung dengan pembelian barang dagangan, contoh: pembayaran angsuran utang bank, pembayaran beban-beban, pembayaran gaji pegawai, pembayaran pajak dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut ini disajikan beberapa contoh kasus transaksi pengeluaran kas pada perusahaan dagang dan disertai dengan solusi atau penyelesaian entry data transaksi pada program MYOB Accounting.
Contoh kasus 1:
Perusahaan dagang PT Sentosa Global Elektrik membayar gaji karyawan bulan Nopember, berikut data transaksinya:
Gambar 1
Langkah penyelesaian:
Yang pertama harus dilakukan adalah melakukan analisis dokumen atau bukti transaksi. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa dokemen transaksi tersebut merupakan dokumen pengeluaran kas yang berasal dari transaksi non pembelian barang dagangan (pembayaran utang gaji), sehingga modul yang digunakan adalah modul “Banking”. Untuk hal tersebut langkah penyelesaiannya adalah melalui modul sales. Perhatikan langkah berikut:
1.   Dari command centre pilih modul “Banking
2.   Kemudian pilih “Spend Money” . spend money ini artinya dibayar dengan kas (uang). Perhatikan tampilan berikut ini:

Gambar 2

3.   Selanjutnya isi data dengan tepat. Pilih dari akun apa biaya tersebut dibayarkan, Tax inclusive harus dihilangkan tanda centhangnya, tanggal pembayaran dan jumlah nominal yang dibayarkan, metode pembayaran, kepada siapa dibayarkan dana kun apa yang digunakan. Perhatikan gambar berikut ini:

Gambar 3

4.   Selanjutnya data yang telah terisi akan tampak seperti berikut ini:

 Gambar 4

5.   Entry data pembayaran utang gaji selesai, sebelum di”record”, maka dapat diketahui jurnal hasil entrynya dengan cara menekan tombol “Ctrl dan R” secara  bersamaan. Hasilnya adalah sebagai berikut:

 Gambar 5
6.   Klick record dan selesai.

Sangat mudah bukan, selamat mencoba semoga sukses.

       Referensi
       Sugiarto Prajitno. Komputer Akuntansi dgn MYOB Accounting (2009). Penerbit Ghalia Indonesia.
       Priyo Candra Pratama. Komputer Akuntansi. (2018). Penerbit: Yudhistira
       Agus Mulyono. Reham Munas. Komputer Akuntansi. (2018). Penerbit: Andi. Yogyakarta
       Ayi Kurniawan. Komputer Akt Perush jasa dan Dagang. (2016). Kemendikbud.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...